Brimob Antisipasi Demo Hari HAM Sedunia di Jayapura

Jakarta, CNN Indonesia — Meski sudah melarang gelaran demo, ratusan personel polisi tetap mengantisipasi kemungkinan gelaran aksi massa dalam rangka Hari HAM Internasional, di Jayapura, Papua, Selasa (10/12).

Dari pantauan Antara, di Jayapura, Selasa (10/12), masyarakat tetap melakukan kegiatan di perkantoran, sekolah, hingga transaksi jual beli, seperti biasa.
Lihat juga: Polisi Tak Izinkan Unjuk Rasa Peringati Hari HAM di JayapuraJajaran Brimob Polda Papua tampak sudah berjaga dan menempatkan peralatannya di Taman Imbi Jayapura.

Sementara itu Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Toni Wanggai kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya berharap pelaksanaan demo tersebut dapat berjalan lancar dan aman.

“Demo ini merupakan aspirasi masyarakat sehingga publik diberikan kelonggaran untuk menyampaikan, namun tetap harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Menurut Toni, jika penyampaian aspirasi ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada maka dapat menghindari bentrok antara warga dan aparat keamanan.

“Untuk warga sendiri juga diharapkan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab sehingga penyampaian aspirasi ini dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya.

Dia menambahkan sedangkan untuk pelanggaran HAM yang terjadi di Papua diharapkan dapat diselesaikan dengan baik oleh pemerintah sehingga masyarakat yang menjadi korban dapat memperoleh hak-haknya.
Lihat juga: Polisi Endus Rencana Ricuh di Wamena, 6.000 Personel Bersiaga
Sebelumnya, kepolisian tidak menerbitkan izin aksi massa karena permohonan izin aksi yang diajukan tidak mencantumkan penanggung jawab dan organisasi yang mengajukan tidak terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik.

Polres Jayapura menyiagakan 930 aparat keamanan untuk mengantisipasi kemungkinan demonstrasi massa pada peringatan Hari HAM.

“Situasi kamtibmas kondusif, walaupun begitu anggota masih berjaga jaga di sejumlah kawasan,” kata Kepala Bagian Humas Kepolisian Resor Jayapura Kota Iptu Yahya Rumra. (Antara/arh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *